Kemnag: Sejak 2015 dirilis, pengunduh aplikasi Haji Pintar capai 100.000 kali

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Agama (Kemnag) tengah mengembangkan aplikasi Haji Pintar guna memberikan kemudahan yang lebih maksimal lagi bagi jemaah. Untuk itu, berbagai terobosan disiapkan agar informasi yang diakses lebih cepat.

Direktur Pelayanan Haji Kemnag Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, saat ini informasi yang ada dalam aplikasi Haji Pintar memang lebih banyak dimanfaatkan oleh jemaah haji ketika di tanah suci.

Mulai dari layanan akomodasi, transportasi bus shalawat, jadwal penerbangan, hingga video tutorial layanan. Menurutnya sejak pertama kali dirilis pada 2015 lalu hingga hari ini, aplikasi Haji Pintar  telah diunduh sebanyak 100.000 kali.

“Belum semua jemaah haji kita menggunakan aplikasi ini. Lebih banyak Ketua Regu atau Ketua Rombongan,” kata Sri Ilham dalam siaran pers, Selasa (13/11).

Hal ini disebabkan masih banyak jemaah Indonesia yang mayoritas lansia belum terbiasa dengan penggunaan ponsel pintar. Ia pun berharap, pengembangan aplikasi Haji Pintar yang dilakukan dapat memuat informasi persiapan ibadah haji.

“Jadi sejak di tanah air, jemaah haji kita yang mengantre pun dapat memiliki pengetahuan tentang ibadah haji. Saat ini di Haji Pintar juga sudah tersedia ensiklopedia haji melalui fitur Haji Pedia. Ini salah satu fitur yang sebenarnya dapat dimanfaatkan calon jemaah haji,” imbuhnya.

Reporter: Umi Kulsum
Editor: Yudho Winarto

Reporter: Umi Kulsum
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan